Pengunjung Blog

thumbnail

TEKS CERAMAH KELAS 11 SMA/MA (VIDEO PEMBELAJARAN)

 



Silahkan Klik Materi Teks Ceramah
thumbnail

Teks Diskusi Kelas XI (Media Pembelajaran Interaktif)


 Silahkan Klik  Teks Diskusi untuk dapat Mempelajarinya
Media Pembelajaran Ini Juga hasil dari Tugas Pembatik Level 3 Tahun 2022


thumbnail

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKS CERAMAH UNTUK KELAS XI SMAN 1 MENTAYA HILIR UTARA KOTAWARINGIN TIMUR - KALIMANTAN TENGAH


PENGEMBANGAN MEDIA
PEMBELAJARAN TEKS CERAMAH 
UNTUK KELAS XI SMAN 1 MENTAYA HILIR UTARA
KOTAWARINGIN TIMUR - KALIMANTAN TENGAH
  

Nikkon Bhastari

nikkonbhastar@gmail.com

 

Abstrak: Meningkatnya perkembangan teknologi berdampak pada lajunya pengolaha informasi. Pertumbuhan teknologi berpengaruh besar terhadap pentingnya sumber daya agar penggunaannya dapat memberikan manfaat yang baik. Terlebih lagi saat wabah Covid 19, dimana aktivitas belajar mengajar dilakukan secara daring. Selama masa pandemi ini pendidik  dan peserta didik dapat memanfaatkan kemajuan teknologi untuk menerima dan memberi pembelajaran.  Namun, Pembelajaran secara jarak jauh atau e-learning selama pandemi Covid 19 dapat membuat peserta didik merasa kurang termotivasi. Selain itu, pendidik juga dapat merasakan kebingungan tentang penyajian materi pembelajaran mereka. Media dapat digunakan sebagai bahan belajar alternatif yang dapat membuat pembelajaran menjadi kegiatan yang menyenangkan. Hal ini selaras dengan pendapat dari Ahmad sudrajat menyatakan bahwa media adalah sesuatu yang dapat menyampaikan pesan dan dapat menstimulus perasaan, pikiran, dan keinginan peserta didik sehingga termotivasi dalam proses belajar. Latar belakang dilakukan penelitian ini adalah media pembelajaran berbasis elektronik merupakan salah satu kebutuhan peserta didik masa kini serta penyampain materi teks ceramah tidak cukup hanya dengan menggunakan media gambar dan teks. Akan lebih menarik jika terdapat video yang membantu secara visual.

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kebutuhan guru dan peserta didik terhadap media pembelajaran teks ceramah, menjelaskan tentang proses pengembangan media pembelajaran menganalisis teks ceramah, mendeskripsikan kelayakan media pembelajaran menganalisis teks ceramah.

Model pengembangan yang diterapkan di penelitian ini adalah model dari Borg and Gall yang memiliki 4 tahapan, yaitu pertama pengumpulan informasi, kedua perencanaan, ketiga pengembangan produk, dan keempat adalah validasi dan uji coba. Uji coba produk skala kecil dilakukan dengan jumlah 18  peserta  didik dan seorang guru. Teknik pengumpulan data menggunakan angket validasi. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kalitatif dan kuantitatif.

Hasil penelitian menunjukkan dengan tingkat persentase 78,3 % guru setuju apabila diadakan pengembangan terhadap media pembelajaran teks ceramah bagi peserta didik kelas XI SMAN 1 Mentaya Hilir Utara. Selain itu, peserta didik juga menyatakan 66,7% sangat setuju bahwa penyampaian materi teks ceramah tidak cukup hanya dengan menggunakan media gambar dan teks. Akan lebih menarik jika terdapat video yang membantu secara visual. Selama proses pengembangan terdapat 3 tahapan yang harus dilakukan yaitu, membuat naskah rekaman, membuat rekaman video, mengedit video dengan menggunakan aplikasi Wondershare Filmora9 untuk menambahkan tulisan, tampilan, suara dan durasi sehingga video dapat disajikan. Hasil validasi dari ahli materi tingkat persentase  yang diperoleh adalah 87,50 % sedangkan dari ahli media tingkat persentase  yang diperoleh adalah 82,50 %. Dari hasil validasi yang diperoleh menunjukkan bahwa produk media pembelajaran teks ceramah peserta didik kelas XI SMAN 1 Mentaya Hilir Utara valid dan layak diimplementasikan dengan sedikit revisi. Pada respon guru menunjukkan tingkat persentase  90 %,  sedangkan pada respon peserta didik tingkat persentase yang diperoleh adalah  94,44 % peserta didik menyatakan sangat setuju jika media membuat materi teks ceramah gampang dicerna dan efektif digunakan dalam pembelajaran teks ceramah. Dari hasil validasi yang diperoleh disimpulkan bahwa media pembelajaran teks ceramah sudah layak dan dapat diimplementasikan tanpa perbaikan .

 

Kata kunci : Media Pembelajaran, Video Pembelajaran , Teks Ceramah.


thumbnail

HISKI Komisariat Eka Kapakat Komisariat Balai Bahasa Kalimantan Tengah

 


Pengurus Himpunan Sarjana Kesusastraan Indonesia (HISKI) Komisariat Eka Kapakat Komisariat Balai Bahasa Kalimantan Tengah Periode 2021 – 2025 resmi dilantik. Pelantikan dilaksanakan di Hotel Aquarius Boutique, Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah pada Selasa (18/01/2022) pagi secara luring dan daring.

Pelantikan didahului dengan pembacaan Surat Keputusan (SK) Ketua Umum HISKI Nomor 87/IA.SK/HISKI/X/2021 oleh Pengurus HISKI Pusat, Dr. Muslimin, M.Pd., diikuti dengan pengucapan Tribakti HISKI oleh Pengurus HISKI Eka Kapakat, dipimpin Ketua I HISKI Pusat, Dr. Muhd. Harun yang hadir secara daring.

Mereka yang dilantik adalah Glory Kriswantara, S.Pd., M.Pd., sebagai Ketua, Nikkon Bhastari, M.Pd., sebagai Wakil Ketua I, Sari Marantika, S.Pd., sebagai Wakil Ketua II, Jaya Kusuma, S.Pd., sebagai Sekretaris I, Elisa Marlin sebagai Sekretaris II, Adisty Frisca Tarisca, S.Pd., sebagai Bendahara I, dan Pega Pratama, S.T., sebagai Bendahara II.

Selain itu dilantik juga Cohyo Muthi, S.Pd., sebagai Koordinator Bidang Organisasi, Trisnawati, S.Pd., sebagai Koordinator Bidang Kajian dan Pengembagan, Mahiang, S.Pd., sebagai Koordinator Bidang Kerja Sama, dan Muston Sitohang, M.Pd., sebagai Koordinator Bidang Publikasi dan Penerbitan. Masing-masing koordinator bidang dilantik bersama para anggota bidang. Secara keseluruhan Pengurus HISKI Eka Kapakat berjumlah 25 orang.

Dalam arahannya, Kepala Balai Bahasa Kalimantan Tengah, Valentina Lovina Tanate, M.Hum., mengungkapkan, Balai Bahasa Kalimantan Tengah merupakan Unit Pelaksana Tenis (UPT) di bawah Badan Bahasa Kemendikbudristek yang ikut bertanggung jawab dalam mendukung pengembangan pendidikan termasuk pengembangan profesi guru.

“Guru memerlukan ruang untuk berkarya dan berinovasi. Oleh karena itu Balai Bahasa Kalimantan Tengah dalam kolaborasi dengan Dinas Pendidikan dan LPMP Kalimantan Tengah, sejak Desember 2021 telah membangun komunikasi untuk membentuk satu asosiasi yakni HISKI Eka Kapakat,” ungkap Kepala Balai Bahasa Kalimantan Tengah Valentina.

Selain itu, lanjutnya, sesuai aturan yang ada, guru juga memerlukan angka kredit dalam pengusulan kenaikan pangkat, berupa karya ilmiah maupun karya inovatif. Atas dasar ini, jelas Valentina, agenda Pelantikan Pengurus HISKI Eka Kapakat, dipadukan dengan kegiatan Bimbingan Teknis Penulisan Karya Tulis Ilmiah dan Karya Tulis Populer yang melibatkan para pengurus, juga para guru se-Kabupaten Kotawaringin Timur.

Sementara itu mewakili pengurus yang dilantik, Ketua HISKI Eka Kapakat, Glory Kriswantara, S.Pd., M.Pd., menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung terbentuknya HISKI Eka Kapakat. Menurutnya, organisasi ini lahir dari kerinduan para guru akan hadirnya satu wadah yang bisa menjadi tempat diskusi dan pembelajaran bersama terutama untuk mengembangkan sastra dan melahirkan karya-karya bermutu.

Ia pun mengharapkan dukungan dan kerja sama pengurus yang dilantik dalam mengemban anamah selama beberapa tahun ke depan. Dukungan yang sama diharapkan dari Balai Bahasa Kalimantan Tengah dan semua pihak terkait.

Hadir pada kesempatan tersebut, Kepala Balai Bahasa Kalimantan Tengah, Kepala LPMP Kalimantan Tengah, Kepala Dinas Pendidikan Kalimantan Tengah, Bupati Kotawaringin Timur, Kepala Dinas Pendidikan Kotawaringin Timur, Ketua Umum HISKI Pusat, Pengurus HISKI Pusat, Pengurus HISKI Eka Kapakat, dan perwakilan guru se-Kotawaringin Timur.

Usai Pelantikan Pengurus HISKI Eka Kapalat, kegiatan dilanjtukan dengan Bimbingan Teknis Penulisan Karya Tulis Ilmiah dan Karya Tulis Populer bagi guru se- Kotawaringin Timur. Bimbingan teknis ini dibuka secara resmi oleh Bupati Kotawarigin Timur, H. Halikinnor, S.H., M.M., dan diagendakan akan berlangsung hingga Kamis (20/02/2022).

Pada kesempatan yang sama diluncurkan tiga produk HISKI Eka Kapakat yakni, Laman HISKI Eka Kapakat BBPKT, Jurnal Tampung Karohei, dan Majalah Talatap. Tiga produk ini merupakan wadah publikasi bagi para guru se-Kalimantan Tengah.

thumbnail

Peningkatan Kemampuan Menulis Cerpen dengan Menggunakan Model Pembelajaran Snowball Throwing untuk Kelas XI SMAN 1 Mentaya Hilir Utara Tahun Pelajaran 2021/2022


Peningkatan Kemampuan Menulis Cerpen dengan Menggunakan Model Pembelajaran Snowball Throwing untuk Kelas XI SMAN 1 Mentaya Hilir Utara Tahun Pelajaran 2021/2022

Nikkon Bhastari

Abstract


Untuk meningkatkan keterampilan menulis cerpen digunakan model pembelajaran snowball throwing.  Guru menggunakan model pembelajaran snowball throwing dengan cara membagi peserta didik ke dalam beberapa kelompok. Siswa kemudian diminta memberikan pertanyaan kepada kelompok lain dan kelompok tersebut harus menjawab. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran snowball throwing dapat meningkatkan kemampuan menulis cerpen siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis cerpen dengan menggunakan model pembelajaran snowball throwing.

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu; perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 SMAN 1 Mentaya Hilir Utara Tahun Pelajaran 2021/2022. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, angket, dan dokumentasi untuk analisis data kualitatif dan kuantitatif.

Hasil analisis data penelitian tindakan kelas dari penggunaan model pembelajaran snowball throwing pada siklus I kemampuan menulis cerpen siswa meningkat menjadi 10,57%. Pada tahap prasiklus aktivitas belajar siswa kurang aktif dan memperoleh nilai rerata 62,64 (kualifikasi kurang) dan pada tahap siklus I aktivitas belajar siswa meningkat dan memperoleh nilai rerata 73,21 (kualifikasi cukup) dan 71,43% siswa mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Pada Siklus II aktivitas belajar siswa meningkat dan hasil rerata siswa meningkat menjadi 81,04 (kualifikasi baik). Persentase pencapaian KKM menjadi 96,43%.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran snowball throwing dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis cerpen.

 

Kata Kunci: menulis, cerpen, model pembelajaran, snowball throwing.


References


Aji, Bayu Seno. 2011. "Keefektifan Media Film Pendek dalam Pembelajaran Menulis Cerpen pada Siswa Kelas X SMAN Wadaslintang Kec. Wadaslintang, Kab. Wonosobo", http:// eprint.uny.ac.id/1198, diunduh 30 September 2017.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Aditya Media.

Atmowiloto, Arswendo. 2011. Mengarang Itu Gampang. Jakarta: Kompas Gramedia

Budimansyah, Dasim dkk. 2010. PAKEM, Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan menyenangkan. Jakarta: Genesindo

Chaer, Abdul. 2013. Pembinaan Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Emzir, M.Pd, Prof.Dr. 2010. Analisis Data. Jakarta: Rajawali Press.

Nurgiantoro, Burhan. 2009. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Palupi, Dyah Tri. 2016. Cara Mudah Memahami Kurikulum. Surabaya: Jaring Pena.

Pranoto, Naning. 2011. Musim Kesunyian. Bogor: Rayakultura.

Purwadi, Petrus.2010. "Model Pembelajaran dan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Bahasa Indonesia". Palangkaraya: Universitas Palangkaraya.

Semi, M. Attar.1990. Menulis Efektif. Padang: Angkasa Raya.

Sumardjo, Jakob. 2007. Catatan Kecil tentang Menulis Cerpen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tarigan, Henri Guntur. 2008. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

thumbnail

Youtube Berkarakter Tingkat SMP/MTs

 


Lomba membuat konten yang diupload ke youtube memeriahkan Gebyar Sumpah Pemuda 2021 tema "Pemuda Berkarya Bersama Indonesia Jaya”. Kegiatan itu diselenggarakan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) jenjang SMP Bahasa Indonesia Chairil Anwar di Kotawaringin Timur - Kalimantan Tengah.

 Konten itu diberi nama Youtube Berkarakter diikuti 4 MGMP yang tersebar di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng). Adapun MGMP itu adalah : MGMP Mentaya Hagatang, MGMP Kihajar Dewantara, MGMP Tijilik Riwut dan MGMP Betang Raya.

 “Ada 17 peserta berkompetisi mengikuti konten youtube berkarakter, 17 video itu diikuti 17

SMP/MTs di Kotim," Dari  peserta yang terdaftar mengikuti konten youtube berkarakter wajib

mengirimkan konten yang menarik. Kemudian, tim ( termasuk saya ) akan memverifikasi dan menilai. “Pengiriman konten secara daring mulai 15-31 Oktober 2021, tim juri melakukan penilaian 3-5 November 2021," ujarnya di hadapan yang hadir pada acara penutupan.

 Saya selaku Juri Konten Yutube Berkarakter Tingkat Kabupaten terkejut dengan Hasil yang telah di ciptakan oleh pelajar tingkat SMP karena hasilnya sangat bagus padahal para peserta masih Remaja. pada saat penutupan yang di lakuakan pada Rabu 10 November 2021 saya menghadiri dan di minta menyerahkan piala kepada perwakilan pemenang. Selain itu juga saya mengucapkan selamat kepada pemenang lomba, dan terimakasih juga untuk guru, kepala sekolah dan panitia yang telah mempercayai saya selaku juri pada momen kegiatan itu.  Terimakasih acaranya bercalan dengan sukses dan lancar.

Saya merasa kagum, kepada Peserta didik yang mampu menghasilkan karya yang luar biasa. Pastinya Semua itu tidak lepas dari dukungan dan support para guru dan kepala sekolah,"

About