


Teks Diskusi Kelas XI (Media Pembelajaran Interaktif)


PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKS CERAMAH UNTUK KELAS XI SMAN 1 MENTAYA HILIR UTARA KOTAWARINGIN TIMUR - KALIMANTAN TENGAH
UNTUK
KELAS XI SMAN
1 MENTAYA HILIR UTARAKOTAWARINGIN TIMUR - KALIMANTAN TENGAH
Nikkon Bhastari
nikkonbhastar@gmail.com
Abstrak: Meningkatnya
perkembangan teknologi berdampak pada lajunya pengolaha informasi. Pertumbuhan
teknologi berpengaruh besar terhadap pentingnya sumber daya agar penggunaannya
dapat memberikan manfaat yang baik. Terlebih lagi saat wabah Covid 19, dimana
aktivitas belajar mengajar dilakukan secara daring. Selama masa pandemi ini
pendidik dan peserta didik dapat
memanfaatkan kemajuan teknologi untuk menerima dan memberi pembelajaran. Namun, Pembelajaran secara jarak jauh atau
e-learning selama pandemi Covid 19 dapat membuat peserta didik merasa kurang
termotivasi. Selain itu, pendidik juga dapat merasakan kebingungan tentang
penyajian materi pembelajaran mereka. Media dapat digunakan sebagai bahan belajar alternatif yang
dapat membuat pembelajaran menjadi kegiatan yang menyenangkan. Hal ini selaras
dengan pendapat dari Ahmad sudrajat menyatakan bahwa media adalah sesuatu yang
dapat menyampaikan pesan dan dapat menstimulus perasaan, pikiran, dan keinginan
peserta didik sehingga termotivasi dalam proses belajar. Latar belakang dilakukan penelitian
ini adalah media
pembelajaran berbasis elektronik merupakan salah satu kebutuhan peserta didik
masa kini serta penyampain
materi teks ceramah tidak cukup hanya dengan menggunakan media gambar dan
teks. Akan lebih menarik jika terdapat video yang membantu secara visual.
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kebutuhan
guru dan peserta didik terhadap media pembelajaran teks ceramah, menjelaskan
tentang proses pengembangan media pembelajaran menganalisis teks ceramah,
mendeskripsikan kelayakan media pembelajaran menganalisis teks ceramah.
Model pengembangan
yang diterapkan di penelitian ini adalah model dari Borg and Gall yang memiliki
4 tahapan, yaitu pertama pengumpulan informasi, kedua perencanaan, ketiga pengembangan
produk, dan keempat adalah validasi dan uji coba. Uji coba produk skala kecil
dilakukan dengan jumlah 18 peserta didik dan seorang guru. Teknik pengumpulan
data menggunakan angket validasi. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan
teknik analisis kalitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan dengan tingkat persentase 78,3 % guru setuju apabila diadakan
pengembangan terhadap media pembelajaran teks ceramah bagi peserta didik kelas
XI SMAN 1 Mentaya Hilir Utara. Selain itu, peserta didik juga menyatakan 66,7%
sangat setuju bahwa penyampaian materi teks ceramah tidak cukup hanya dengan
menggunakan media gambar dan teks. Akan lebih menarik jika terdapat video yang
membantu secara visual. Selama proses pengembangan terdapat 3 tahapan yang
harus dilakukan yaitu, membuat naskah rekaman, membuat rekaman
video, mengedit video dengan menggunakan aplikasi Wondershare Filmora9 untuk menambahkan tulisan, tampilan, suara dan
durasi sehingga video dapat disajikan. Hasil validasi dari ahli materi tingkat
persentase yang diperoleh adalah 87,50 %
sedangkan dari ahli media tingkat persentase
yang diperoleh adalah 82,50 %. Dari hasil validasi yang diperoleh
menunjukkan bahwa produk media pembelajaran teks ceramah peserta didik kelas XI
SMAN 1 Mentaya Hilir Utara valid dan layak diimplementasikan dengan sedikit revisi.
Pada respon guru menunjukkan tingkat persentase
90 %, sedangkan pada respon
peserta didik tingkat persentase yang diperoleh adalah 94,44 % peserta didik menyatakan sangat
setuju jika media
membuat materi teks ceramah gampang
dicerna dan efektif digunakan dalam pembelajaran teks ceramah. Dari hasil
validasi yang diperoleh disimpulkan bahwa media pembelajaran teks ceramah sudah
layak dan dapat diimplementasikan tanpa perbaikan .
Kata kunci :
Media Pembelajaran, Video Pembelajaran , Teks Ceramah.


HISKI Komisariat Eka Kapakat Komisariat Balai Bahasa Kalimantan Tengah
Pengurus Himpunan Sarjana Kesusastraan Indonesia (HISKI) Komisariat Eka Kapakat Komisariat Balai Bahasa Kalimantan Tengah Periode 2021 – 2025 resmi dilantik. Pelantikan dilaksanakan di Hotel Aquarius Boutique, Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah pada Selasa (18/01/2022) pagi secara luring dan daring.
Pelantikan
didahului dengan pembacaan Surat Keputusan (SK) Ketua Umum HISKI Nomor
87/IA.SK/HISKI/X/2021 oleh Pengurus HISKI Pusat, Dr. Muslimin, M.Pd., diikuti
dengan pengucapan Tribakti HISKI oleh Pengurus HISKI Eka Kapakat, dipimpin
Ketua I HISKI Pusat, Dr. Muhd. Harun yang hadir secara daring.
Mereka
yang dilantik adalah Glory Kriswantara, S.Pd., M.Pd., sebagai Ketua, Nikkon
Bhastari, M.Pd., sebagai Wakil Ketua I, Sari Marantika, S.Pd., sebagai Wakil
Ketua II, Jaya Kusuma, S.Pd., sebagai Sekretaris I, Elisa Marlin sebagai
Sekretaris II, Adisty Frisca Tarisca, S.Pd., sebagai Bendahara I, dan Pega
Pratama, S.T., sebagai Bendahara II.
Selain
itu dilantik juga Cohyo Muthi, S.Pd., sebagai Koordinator Bidang Organisasi,
Trisnawati, S.Pd., sebagai Koordinator Bidang Kajian dan Pengembagan, Mahiang,
S.Pd., sebagai Koordinator Bidang Kerja Sama, dan Muston Sitohang, M.Pd.,
sebagai Koordinator Bidang Publikasi dan Penerbitan. Masing-masing koordinator
bidang dilantik bersama para anggota bidang. Secara keseluruhan Pengurus HISKI
Eka Kapakat berjumlah 25 orang.
Dalam
arahannya, Kepala Balai Bahasa Kalimantan Tengah, Valentina Lovina Tanate,
M.Hum., mengungkapkan, Balai Bahasa Kalimantan Tengah merupakan Unit Pelaksana
Tenis (UPT) di bawah Badan Bahasa Kemendikbudristek yang ikut bertanggung jawab
dalam mendukung pengembangan pendidikan termasuk pengembangan profesi guru.
“Guru
memerlukan ruang untuk berkarya dan berinovasi. Oleh karena itu Balai Bahasa
Kalimantan Tengah dalam kolaborasi dengan Dinas Pendidikan dan LPMP Kalimantan
Tengah, sejak Desember 2021 telah membangun komunikasi untuk membentuk satu
asosiasi yakni HISKI Eka Kapakat,” ungkap Kepala Balai Bahasa Kalimantan Tengah
Valentina.
Selain
itu, lanjutnya, sesuai aturan yang ada, guru juga memerlukan angka kredit dalam
pengusulan kenaikan pangkat, berupa karya ilmiah maupun karya inovatif. Atas
dasar ini, jelas Valentina, agenda Pelantikan Pengurus HISKI Eka Kapakat,
dipadukan dengan kegiatan Bimbingan Teknis Penulisan Karya Tulis Ilmiah dan
Karya Tulis Populer yang melibatkan para pengurus, juga para guru se-Kabupaten
Kotawaringin Timur.
Sementara itu mewakili pengurus yang dilantik, Ketua HISKI Eka
Kapakat, Glory Kriswantara, S.Pd., M.Pd., menyampaikan terima kasih kepada
semua pihak yang telah mendukung terbentuknya HISKI Eka Kapakat. Menurutnya,
organisasi ini lahir dari kerinduan para guru akan hadirnya satu wadah yang
bisa menjadi tempat diskusi dan pembelajaran bersama terutama untuk
mengembangkan sastra dan melahirkan karya-karya bermutu.
Ia
pun mengharapkan dukungan dan kerja sama pengurus yang dilantik dalam mengemban
anamah selama beberapa tahun ke depan. Dukungan yang sama diharapkan dari Balai
Bahasa Kalimantan Tengah dan semua pihak terkait.
Hadir
pada kesempatan tersebut, Kepala Balai Bahasa Kalimantan Tengah, Kepala LPMP
Kalimantan Tengah, Kepala Dinas Pendidikan Kalimantan Tengah, Bupati
Kotawaringin Timur, Kepala Dinas Pendidikan Kotawaringin Timur, Ketua Umum
HISKI Pusat, Pengurus HISKI Pusat, Pengurus HISKI Eka Kapakat, dan perwakilan guru
se-Kotawaringin Timur.
Usai
Pelantikan Pengurus HISKI Eka Kapalat, kegiatan dilanjtukan dengan Bimbingan
Teknis Penulisan Karya Tulis Ilmiah dan Karya Tulis Populer bagi guru se-
Kotawaringin Timur. Bimbingan teknis ini dibuka secara resmi oleh Bupati
Kotawarigin Timur, H. Halikinnor, S.H., M.M., dan diagendakan akan berlangsung
hingga Kamis (20/02/2022).
Pada
kesempatan yang sama diluncurkan tiga produk HISKI Eka Kapakat yakni, Laman
HISKI Eka Kapakat BBPKT, Jurnal Tampung Karohei, dan Majalah Talatap. Tiga
produk ini merupakan wadah publikasi bagi para guru se-Kalimantan Tengah.

.jpg)
Peningkatan Kemampuan Menulis Cerpen dengan Menggunakan Model Pembelajaran Snowball Throwing untuk Kelas XI SMAN 1 Mentaya Hilir Utara Tahun Pelajaran 2021/2022
Abstract
Untuk meningkatkan keterampilan menulis cerpen digunakan model pembelajaran snowball throwing. Guru menggunakan model pembelajaran snowball throwing dengan cara membagi peserta didik ke dalam beberapa kelompok. Siswa kemudian diminta memberikan pertanyaan kepada kelompok lain dan kelompok tersebut harus menjawab. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran snowball throwing dapat meningkatkan kemampuan menulis cerpen siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis cerpen dengan menggunakan model pembelajaran snowball throwing.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu; perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 SMAN 1 Mentaya Hilir Utara Tahun Pelajaran 2021/2022. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, angket, dan dokumentasi untuk analisis data kualitatif dan kuantitatif.
Hasil analisis data penelitian tindakan kelas dari penggunaan model pembelajaran snowball throwing pada siklus I kemampuan menulis cerpen siswa meningkat menjadi 10,57%. Pada tahap prasiklus aktivitas belajar siswa kurang aktif dan memperoleh nilai rerata 62,64 (kualifikasi kurang) dan pada tahap siklus I aktivitas belajar siswa meningkat dan memperoleh nilai rerata 73,21 (kualifikasi cukup) dan 71,43% siswa mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Pada Siklus II aktivitas belajar siswa meningkat dan hasil rerata siswa meningkat menjadi 81,04 (kualifikasi baik). Persentase pencapaian KKM menjadi 96,43%.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran snowball throwing dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis cerpen.
Kata Kunci: menulis, cerpen, model pembelajaran, snowball throwing.
Full Text:
Download : ArtikelReferences
Aji, Bayu Seno. 2011. "Keefektifan Media Film Pendek dalam Pembelajaran Menulis Cerpen pada Siswa Kelas X SMAN Wadaslintang Kec. Wadaslintang, Kab. Wonosobo", http:// eprint.uny.ac.id/1198, diunduh 30 September 2017.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Aditya Media.
Atmowiloto, Arswendo. 2011. Mengarang Itu Gampang. Jakarta: Kompas Gramedia
Budimansyah, Dasim dkk. 2010. PAKEM, Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan menyenangkan. Jakarta: Genesindo
Chaer, Abdul. 2013. Pembinaan Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.
Emzir, M.Pd, Prof.Dr. 2010. Analisis Data. Jakarta: Rajawali Press.
Nurgiantoro, Burhan. 2009. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Palupi, Dyah Tri. 2016. Cara Mudah Memahami Kurikulum. Surabaya: Jaring Pena.
Pranoto, Naning. 2011. Musim Kesunyian. Bogor: Rayakultura.
Purwadi, Petrus.2010. "Model Pembelajaran dan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Bahasa Indonesia". Palangkaraya: Universitas Palangkaraya.
Semi, M. Attar.1990. Menulis Efektif. Padang: Angkasa Raya.
Sumardjo, Jakob. 2007. Catatan Kecil tentang Menulis Cerpen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Tarigan, Henri Guntur. 2008. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.


Youtube Berkarakter Tingkat SMP/MTs
Lomba membuat konten yang diupload ke youtube memeriahkan Gebyar Sumpah Pemuda 2021 tema "Pemuda Berkarya Bersama Indonesia Jaya”. Kegiatan itu diselenggarakan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) jenjang SMP Bahasa Indonesia Chairil Anwar di Kotawaringin Timur - Kalimantan Tengah.
SMP/MTs di Kotim," Dari
peserta yang terdaftar mengikuti konten
youtube berkarakter wajib
mengirimkan konten yang
menarik. Kemudian, tim ( termasuk saya ) akan memverifikasi dan menilai. “Pengiriman
konten secara daring mulai 15-31 Oktober 2021, tim juri melakukan penilaian 3-5
November 2021," ujarnya di hadapan yang hadir pada acara penutupan.
Saya merasa kagum,
kepada Peserta didik yang mampu menghasilkan karya yang luar biasa. Pastinya Semua
itu tidak lepas dari dukungan dan support para guru dan kepala sekolah,"
