Abstract
Untuk meningkatkan keterampilan menulis cerpen digunakan model pembelajaran snowball throwing. Guru menggunakan model pembelajaran snowball throwing dengan cara membagi peserta didik ke dalam beberapa kelompok. Siswa kemudian diminta memberikan pertanyaan kepada kelompok lain dan kelompok tersebut harus menjawab. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran snowball throwing dapat meningkatkan kemampuan menulis cerpen siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis cerpen dengan menggunakan model pembelajaran snowball throwing.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu; perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 SMAN 1 Mentaya Hilir Utara Tahun Pelajaran 2021/2022. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, angket, dan dokumentasi untuk analisis data kualitatif dan kuantitatif.
Hasil analisis data penelitian tindakan kelas dari penggunaan model pembelajaran snowball throwing pada siklus I kemampuan menulis cerpen siswa meningkat menjadi 10,57%. Pada tahap prasiklus aktivitas belajar siswa kurang aktif dan memperoleh nilai rerata 62,64 (kualifikasi kurang) dan pada tahap siklus I aktivitas belajar siswa meningkat dan memperoleh nilai rerata 73,21 (kualifikasi cukup) dan 71,43% siswa mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Pada Siklus II aktivitas belajar siswa meningkat dan hasil rerata siswa meningkat menjadi 81,04 (kualifikasi baik). Persentase pencapaian KKM menjadi 96,43%.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran snowball throwing dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis cerpen.
Kata Kunci: menulis, cerpen, model pembelajaran, snowball throwing.
Full Text:
Download : ArtikelReferences
Aji, Bayu Seno. 2011. "Keefektifan Media Film Pendek dalam Pembelajaran Menulis Cerpen pada Siswa Kelas X SMAN Wadaslintang Kec. Wadaslintang, Kab. Wonosobo", http:// eprint.uny.ac.id/1198, diunduh 30 September 2017.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Aditya Media.
Atmowiloto, Arswendo. 2011. Mengarang Itu Gampang. Jakarta: Kompas Gramedia
Budimansyah, Dasim dkk. 2010. PAKEM, Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan menyenangkan. Jakarta: Genesindo
Chaer, Abdul. 2013. Pembinaan Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.
Emzir, M.Pd, Prof.Dr. 2010. Analisis Data. Jakarta: Rajawali Press.
Nurgiantoro, Burhan. 2009. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Palupi, Dyah Tri. 2016. Cara Mudah Memahami Kurikulum. Surabaya: Jaring Pena.
Pranoto, Naning. 2011. Musim Kesunyian. Bogor: Rayakultura.
Purwadi, Petrus.2010. "Model Pembelajaran dan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Bahasa Indonesia". Palangkaraya: Universitas Palangkaraya.
Semi, M. Attar.1990. Menulis Efektif. Padang: Angkasa Raya.
Sumardjo, Jakob. 2007. Catatan Kecil tentang Menulis Cerpen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Tarigan, Henri Guntur. 2008. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Subscribe by Email
Follow Updates Articles from This Blog via Email
No Comments