INOVASI PEMBELAJARAN TEKS ANEKDOT MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF
Nikkon Bhastari
nikkonbhastari14@guru.sma.belajar.id
Pendidikan telah mengalami perubahan yang signifikan seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Salah satu inovasi yang telah mengubah cara kita belajar dan mengajar adalah Media Pembelajaran Interaktif (MPI). MPI adalah suatu bentuk media pembelajaran yang memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan interaksi dan efektivitas pembelajaran. Praktik baik ini akan menjelaskan pentingnya MPI sebagai inovasi pembelajaran masa kini.
Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka penulis tertarik untuk membuat media pembelajaran interaktif pada pembelajaran teks anekdot. Penulis berharap dengan menggunakan media pembelajaran interaktif hasil belajar murid akan meningkat.
Praktik baik ini fokus pada upaya untuk meningkatkan hasil belajar murid kelas X SMAN 1 Mentaya Hilir Utara Tahun pelajaran 2023/2024 dalam mengevaluasi dan menyusun teks anekdot . Upaya peningkatan yang dilakukan di praktik baik ini adalah dengan membuat media pembelajaran berupa video yang memuat materi Teks Anekdot. Kemudian MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF Teks Anekdot digunakan dalam proses pembelajaran.
Praktik baik ini bertujuan untuk memaparkan upaya peningkatan hasil belajar murid kelas X SMAN 1 Mentaya Hilir Utara tahun pelajaran 2023/2024 dalam mengevaluasi dan menyusun teks anekdot .
Praktik baik ini diharapkan
dapat memberikan manfaat sebegai berikut :
a.
Bagi murid
Praktik baik yang
dilakukan dapat meberikan manfaat kepada murid berupa :
1. Meningkatkan kemampuan mengevaluasi dan
menyusun teks anekdot ;
2. Meningkatkan minat murid terhadap materi yang
diajarkan;
3. Melatih murid memanfaatkan teknologi yang ada;
4. Dapat digunakan sebagai media pembelajaran
secara individu.
b.
Bagi guru Bahasa Indonesia
Praktik baik ini juga
memberikan manfaat bagi guru Bahasa Indonesia, yaitu:
1. Meningkatkan kreatifitas guru dalam
memanfaatkan media pembelajaran;
2. Meningkatkan kualitas proses pembelajaran;
3. Mempermudah dalam menyampaikan materi pelajaran;
c.
Bagi Sekolah
Praktik baik ini
secara praktis juga bermanfaat bagi sekolah, yaitu:
1. Mendorong
peningkatan proses pembalajaran
di sekolah yang
inovatif, kreatif, dan menyenangkan yang pada akhirnya dapat
meningkatkan prestasi murid;
2. Dapat memberikan masukan untuk menentukan kebijakan dalam rangka peningkatan mutu sekolah.
Teks anekdot adalah
sebuah cerita atau kisah yang mengandung sifat lucu. Meskipun teks anekdot
berisi cerita lucu, tetapi teks anekdot juga bisa memiliki banyak maksud yang
bisanya digunakan untuk menyampaikan kritik. Banyak yang menganggap bahwa teks
anekdot sekedar cerita yang berisi rangkaian beberapa kalimat lucu. Namun,
kriteria teks anekdot bukan hanya lucu, tapi bisa menyampaikan maksud penulis.
Kemudian penulis membuat media pembelajaran interaktif yang berisi tentang materi teks anekdot. Penulis memilih media pembelajaran interaktif agar murid dapat lebih terlibat secara aktif dalam mempelajarai materi teks anekdot. Di dalam media pembelajaran interaktif ini penukis menyediakan beberapa menu. Menu tersebut yaitu tes diagnostik, tes sumatif dan teori mengenai teks anekdot beserta contoh-contohnya.
Praktik baik ini
dilaksanakan di kelas X RUANG 1 SMAN 1 Mentaya Hilir Utara. Praktik baik ini dilakukan pada 6 Oktober
2023. Subjek pengumpulan data praktik baik ini adalah kelas X RUANG 1 - SMAN 1
Mentaya Hilir Utara. Jumlah murid yang menjadi subjek pengumpulan data adalah 34
murid.
Langkah -langkah pelaksanaan praktik baik
Pelaksanaan praktik
akan penulis uraikan sebagai berikut.
a) Langkah pertama yang dilakukan penulis adalah melaksanakan
tes diagnostic awal. Di dalam tes ini berisi pertanyaan tentang materi teks
anekdot serta pengetahuan awal yang mereka perlukan dalam mempelajari teks
anekdot seperti kata penghubung, kata kerja, keterangan waktu lampau.
b) Langkah kedua adalah menganalisis tes
diagnostic awal. Hasil tes diagnostic awal di analisis dengan memberikan skor 1
untuk jawaban yang benar dan skor 0 utntuk jawaban yang salah. Kemudian seluruh
butir soal di analisis yang mana yang belum dikuasai murid dan yang sudah
dengan melihat persentase benar salahnya.
c) Langkah ketiga adalah membuat media pembelajaran
interaktif. Penulis membuat media pembelajaran interaktif ini dengan aplikasi canva for education. Langkah-langkah pembuatan media pembelajaran
interaktif yaitu pra produksi, produksi dan pasca produksi.
d) Langkah keempat adalah melaksanakan proses
pembelajaran teks anekdot. Dalam
pelaksanaan pembelajaran penulis menggunakan pendekatan pembelajaran saintifik.
e) Langkah kelima adalah menganalisis hasil
belajar murid. Untuk menganalisis hasil belajar murid penulis menggunakan
instrumen berupa lembar penilaian yang berisi rubrik penilaian. Adapun
rubriknya adalah sebagai berikut: .......
f) Langkah terakhir adalah penulisan laporan
praktik baik.
Media pembelajaran
interaktif telah menjadi salah satu sarana yang penting dalam pendidikan
modern. Dalam era digital saat ini, media pembelajaran interaktif menjadi
sebuah alternatif yang efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Adaptasi yang dilakukan oleh para guru dan murid sekarang
dengan menggunakan berbagai aplikasi dan media pembelajaran, menjadikan guru
dan murid dapat melaksanakan pembelajaran yang efektif. Media pembelajaran
interaktif merupakan salah satu media yang dapat digunakan pada saat ini untuk
meningkatkan keterlibatan murid dalam pembelajaran. Selain itu media
pembelajaran interaktif juga dapat meningkatkan hasil belajar murid. Tindak
lanjut yang dapat dilakukan adalah penulis dapat membuat media pembelajaran
interaktif untuk materi lain dalam mata
pelajaran Bahasa Indonesia. Selain itu
penulis juga dapat membagikan pengalaman penulis dalam membuat media pembelajaran
interaktif kepada teman sejawat di sekolah penulis. Dengan mengimbaskan
pengalaman penulis dalam membuat media pembelajaran interaktif dan
penerapanannya di kelas ini diharapkan murid
dan pendidik lain mendapatkan manfaat yang baik dalam proses pembelajaran yang
mereka lakukan.
Penulis dapat menarik
beberapa kesimpulan dalam praktik baik ini, yaitu:
a) Hasil belajar murid sebelum kegiatan
pembelajaran menggunakan media pembelajaran interaktif terdapat 38 % murid yang
mendapat nilai dengan kategori baik. Sedangkan sisanya yaitu 62 % mendapat
hasil dengan kategori cukup.
b) Hasil belajar murid sesudah kegiatan
pembelajaran menggunakan media pembelajaran interaktif menunjukkan 56 % murid
memperoleh nilai dengan kategori sangat baik. Selain itu juga terdapat 44 % murid
yang memperoleh nilai dengan kategori baik.
c) Hasil belajar murid mengalami peningkatan
setelah kegiatan pembelajaran menggunakan media pembelajaran interaktif. Hasil
belajar rata-rata sebelum kegiatan pembelajaran meggunakan media pembelajaran
interaktif murid mendapatkan nilai 78,4. Namun, setelah
kegiatan pembelajaran meggunakan media pembelajaran interaktif hasil belajar
rata-ata murid adalah 93,76.
Berikut adalah
beberapa saran yang penulis berikan untuk perkembangan selanjutnya :
a) Murid
Bagi murid khususnya murid
kelas X SMAN 1 Mentaya Hilir Utara agar media pembelajaran interaktif ini dapat
digunakan sebagai pendamping dalam pembelajaran Teks Anekdot selain bahan ajar
buku pegangan murid.
b) Guru
Bagi guru bahasa
Indonesia agar media pembelajaran interaktif ini menjadi inovasi dalam
pembelajaran di kelas. Selain itu video pembelajaran ini juga dapat menjadi
pendamping agar murid lebih giat dalam belajar
khususnya pada materi pembelajaran Teks Anekdot.
c) Sekolah
Bagi sekolah, media
pembelajaran interaktif ini dapat menjadi pendamping dalam pembelajaran di
kelas sehingga pembelajaran menjadi lebih mnyenangkan. Selain itu praktik
baik ini juga dapat mendorong
pembelajaran yang inovatif, kreatif dan menyenangkan di sekolah sehingga dapat
meningkatkan hasil belajar murid.
Dokumen KTI Praktik Baik bisa di ===>>> Download File : KTI Praktik Baik
Dokumen MPI Bisa di ===>>> Open : Media Pembelajaran Interaktif
Youtube : https://www.youtube.com/@NIKKONBHASTARI
IG : https://www.instagram.com/nikkonbhastarii/
Twiter : https://twitter.com/Nikkon_Bhastari
FB : https://www.facebook.com/nikkon.bhastari/
Tiktok : https://www.tiktok.com/@nikkonbhastari
#PusdatinKemendikbudristerk
#BLPTKemendikbudristek
#MerdekaBelajar
#PembaTIK2023
#SahabatTeknologiKemendikbudristek
#PlatformMerdekaMengajar
Subscribe by Email
Follow Updates Articles from This Blog via Email
No Comments